Saturday, December 06, 2008

CatPer Pangrango 28-30 November 2008

Bismillah

Sepertinya memang saya harus ceritakan kembali perjalanan Pangrango seminggu yang lalu.
Jujur perjalanan yang bikin saya Ngedrop karena trek dari awal yang bikin penasaran
kapan sampe kandang badak, trek Edan menuju puncak, dan di tambah rasa cemburu oleh seseorang .. yah, lengkap sudah.

kami ada 8 orang :
6. Om willy
7. Om Krisna
8. Om ahmad ( Cirebon )

Ini merupakan persiapan yang matang, di mulai memberi keril baru sampe alat2 pendakian yang kudu lengkap, sebelumnya di Merapi saya hanya bermodalkan nekat tapi bukan berarti menyepelekan alam. tapi memang saya begitu adanya.

Keril yang saya beli kira-kira ukuran 25-40 Lt dengan sarung berwarna Biru yang di beli bersama om krisna, slayer untuk penutup kepala berwarna biru, sarung tangan berwarna biru pokoknya seluruhnya berwarna biru ( hahaha warna kesukaan saya ).

Jumat, 28 November 2008
Kumpul seharusnya pukul 19.00 di st. jakarta- kota tapi, saya lagi-lagi datang terlambat karena ada urusan. ketiga teman saya sudah berangkat duluan menggunakan KA Ekpress Pakuan Bogor dan 2 orang lagi berada di gambir dengan kereta yang sama.
Tinggal saya dan mba yuni berada di St jakarta-kota. akhirnya kita memutuskan untuk
naik Ekonomi. tepat pada pukul 19.35 kereta melaju menuju st Bogor.
hmm.. saya nggak bisa tidur karena mata harus tertuju kepada barang bawaan yang kita bawa berada di atas, takut ada yang ngegondol hahahaha...

sampe di St Bogor tepat pukul 21.00 hmm.. yang laen sudah sampe, sambil menunggu mas andi datang kita duduk sambil bercanda. lalu saya pesen nasi goreng hehehe lapeer
soalnya blum ketemu nasi dari tadi siang. baju kerja saya udh lepek, bau, kotor huaaaaaaaaa pokoknya komplit dah.

tepat pukul 22.30 ( kalau tidak salah ) mas andi datang .. hmm.. singkat waktu kita carter angkot menuju basecamp. hampir 2 jam perjalanan dari Bogor menuju basecamp cibodas. heheeh saya bobok di pundak om krisna abiesnya ngantuk bangeet sich...
maaf ya om.. jadi pegel dech tuch pundak.. tapi suka kaaaaaaaan :))

Sabtu, 29 November 2008
Sampe di basecamp cibodas pukul 00.00 wah udaranya dingin bangeeeet .. sejuk pokoknya
nyaman dan indah di malam hari. bintang-bintang bertebaran di langit juga Bulan yang memberikan Rona cahaya yang begitu indah. huaaaaaaaaaaaaaaaaa senangnya .....

nggak lama kita di suguhkan teh anget dan saya ganti baju dan re-packing kembali keril dan SB saya yang salah posisi sehingga menyebabkan keberatan dan tidak merasa nyaman untuk di pakai. ugh dingin bangeet .. jujur saja saya nggak bsia tidur...
kedinginan boooooooo... saya kan nggak kuat hawa dingin.

jam 04.00 pagi alarm di masing-masing HP bunyi kekekekekekek berisik bangeeet..
ah, saya nggak bisa tidur mending siap-siap untuk sholat subuh. setelah itu jalan-jalan pagi menikmati udara dingin Kota Cibodas.

hmm.. ada kabar buruk sich.. semestinya kita naik jam 05.00 tapi, kantor posko perijinan di sana buka pada pukul 09.00 yaaah akhiranya kita santai aza ..
jam 07.00 minum air anget, sarapan, poto-poto dan di buka wejangan sedikit oleh ketua tim mas andi. tepay pada pukul 08.00 kita jalan menuju posko untuk mengisi simaksi
simaksi itu adalah data para pendaki Gunung Di TNGP ( Taman Nasional Gede- Pangrango)

hmm.. lama juga kita berada di posko sudah jam 09.00 tapi petugas blum datang juga
byaaaaaaaarr ngantuk dan semangat saya jadi berkurang. ya sabar..sabar dech
akhirnya pukul 09.30 petugasnya sampe juga dan mereka bilang :
" hari ini kan libur jadinya petugasnya terpaksa datang untuk melayani kalian "
saya : lhaaaaaaaaaa... wis edan dimana-mana mendaki itu kan ngambilnya weekend pak
masa hari kerja naik gunung sich.. nagco ah :P "

YAh sudah lha.. setelah pengisisn simaksi tepat pada pukul 10.00 kita berangkat
hehehe Semangaaaaaaaaaaatttt 70 :D setelah berjalan kira-kira 200m ada posko kembali
dimana harus di data kembali dan di liat barang-barang bawaan serta di berikan kantong sampah untuk menampung sampah kita saat mendaki dan turun.
"ngak boleh nyampa sembarangan yaaaaaaaaaaaaaaaaaa"

Ok, kita jalan menuju jalur bebatuan yang wah keren dech... jalur yang rata, kadang naik kadang turun. 2 jam perjalana menuju Pos I Panyanggangan heheheh kalau nggak salah itu nama posnya :D

Jam 12.00 kita makan siang untuk mengisi tenaga melanjutkan perjalanan ke Gunung Pangrango kalau belok ke arah pendakian kalau lurus ke arah Curug Cibeurem
heheh disitulah rasa cemburu saya muncul .. hmm... hmm.. cemberut dech
sampe-sampe saya nggak mao ikutan di poto ...

ok perjalanan di lanjut inilah pertempuran kita yang sebenernya .. hehehe kalau yang tadi mah cuma pemanasan. weks pemanasan aja jalannya sampe 2 jam hahahahah...
hmmm.. jalur yg keren dan ok bangeet menantang kita sempet istirahat berkali-kali
karena kelelahan dan memang trek yang edan hahahaha..

entah di jalur apa yang saya inget disana ada pohon besar dan kayu besar hasil potongan yang nggak di urus kita beristirahat. dan disitulah saya kebali cemburu dan akhirnya cemberut, dan akhirnya lagi saya memutuskan untuk melanjutkan perjalanan
huh dari pada makan ati mending jalan aza dech .........

saya, ahmad, dan mba yuni berjalan duluan .. sampe menuju jalur air panas pukul 15.00
kita bertemu lagi dengan mereka di jalur air panas. dan tempat itulah rasa cemburu saya semakin menjadi-jadi .. aragghhh sempat memutuskan untuk turun kembali dan pulang.. hiaaaaaaaaaaa gila menurut saya, hanya karena cemburu acara pendakian ini
bisa gatot alias gagal Total .. aaah saya nggak mao.. akhirnya saya berusaha
untuk menenangkan hati dan pikiran saya, dan berusaha untuk menikmati alam.

setelah satu tim utuh dari mulai jalur air panas sampe menuju kandang badak.
tapi, setengah di jalur kandak badak kita terpisah
saya, om krisna, mba nino dan mas andi berada di belakang sementara yang lainnya
berada didepan untuk membuka tenda dan memasak makanan serta air hangat.

rencana awal kita ngecamp di Puncak tapi, berhubung waktu nggak memungkinkan
akhirnya kita memutuskan ngecamp di Kandang badak. hmm.......... perasaan bener-bener
berkecamuk kembali saat di jalur kandang badak.. huh yang di urusan dia lagi dia lagi

dengan rasa cemburu dan capek saya tetep berusaha sabar sabar, dan sabar ..
akhirnya tepat pada pukul 17.30 kita sampe di kandang badak, kita ngecamp disana
dan .... yuhuuuuuuuuuuu tenda telah di bangun

ada 3 tenda :
tenda I : om willy + tripina ( istrinya )
tenda II : saya, mba nino dan mba yuni
tenda III : mas andi, ahmad dan om Krisna

saya ganti baju dan segera menggelar matras dan membuka SB untuk tidur .. huaaaaaa
dingin bangeeet boooo... tepat pada pukul 20.00 saya tidur.. buseeet dech..
pundak saya berasa masih membawa keril hiks berasa bangeeet nggak nyaman bangeet
dan mas andi serta ahmad masih senang berbincang di luar
( hmm.. apa mereka nggak kedinginan yaa .. saya juga heran dengan ahmad hahaha
dia kalau naik gunung sukanya pake celana pendek hiiiy saya sich bakal kedinginan ).

Jam 22.00 saya terbangun karena mba yuni merasa kedinginan dan sugestinya muncul
dia juga ngerasa nggak enak badan, akhirnya saya membangunkan om krisna untuk memasak air hangat hihihi saya nggak ngerti masak pake nasting dan trangi.

udara begitu dingin dan byaarrrrr sampe menggigil... hmm.. air hangat pun matang
aah lumayan buat menghangatkan badan. bikin energen juga hehe lumayan juga untuk isi perut di malam hari...

Minggu, 30 November 2008
Jam 00.00 aaaaaahhh saya baru bisa tidur lagi setelah membantu mba yuni..
byaaaaaaaaaaaarrrr bangun lagi jam 02.00 pagi.. hiks SB yang saya punya di pake mba nino sampe saya nggak kebagian... hahaha sempet kesel sich tapi ya sudahlah ..
dan akhirnya saya ke tenda sebelah hihihi tenda para cowok .. saya nyempil di anatara om ahmad dan om krisna kekekekekekek maaf yeeeeeeeeeeeee
abis disana nggak kebagian SB so, saya numpang sebentar...

aaah tetep saja saya nggak bisa tidur lalu, saya prepare untuk summit attack to Pangrango tepat pada pukul 2.30 pagi. dan semuanya pun jadi terbangun ..
rencana awal berangkat pukul 03.00 tapi karena beres-beresnya lama yaaaaaaaah jadi berangkat 3.30 pagi dech ........

huh gelap oiii senter yang saya pegang nggak begitu terang dan saya berganti senter dengan mba tripina. format menuju puncak :
1. mas andi
2 saya
3. mba tripina
4. mba yuni
5. om willy
6. om krisna

dua orang jaga tenda hahahahah....

dan disinilah tenaga benar-benar terkuras fuih medan gila ... saya harus manjat dan manjat hmm,.. dapat bonusnya banyak juga sich.. tapi dikit-dikit jaraknya.
3x saya sempet muncur karena males melihat treknya dan karena waktu juga yang sudah siang menurut saya.. sehingga kita ngak sepenuhnya melihat sunrise ...
aaah tak apalah .. misi ini kan bukan hanya melihat sunrise tapi lebih kepada puncaknya, akhirna dengan semangat anak-anak yang lain saya pun tetap melanjutkan perjalanan...

tepat pukul 08.45 kita sampe di puncak.. hahaha perjuangan yang bener-bener perjuangan, sampe kelaperan .. ngantuk capek... dan kaki udah bener-bener nggak kukuh dech ... :D :D

hahaha kita poto-poto dech.,. Alhamdulilah saya sujud syukur disana akhirnya
berhsil sampe puncak.. ini adalah membalaskan dendam saya waktu di Merapi kemaren
Puncak Pangrango 3019 MDPL berhasil saya Raih... yuhuuuuuuuuuuuuuuuuuu

setelah poto-poto kita turun dech... tau nggak untuk naik menuju puncak membutuhkan waktu 7 jam sedangkan untuk turun kita cuma butuh waktu 1.5 jam aza..
hahahha mantaf dech,.... itu turunnya lari booooooooo
saking mikirin pingin cepet=cepet sampe basecamp dan pulang ke rumah ..

jam 10.45 saya, mba yuni dan om krisna sampe di kandang badak,, aduh perut saya sakit hihi gara2 makan popakis... pop mie yang di campur dengan Tumbuhan pakis
hiiyy mao tau rasanya.. uenak tau ... :D

hehhe terpaksa dech P*P di deket matar air aduh maaf ya pilar joyok dech,,,,, yah mao gmn lagi.. daripada jadi sakit hayooo heheeh

om willy, mba tripina dan mas andi baru turun jam 12.00 hmm..kasian yaaa mereka sangat kelelahan...dan tepa pada pukul 13.00 kita turun menuju basecamp..
hiaaaaaaaaaaaaaaa cia yooo semangat untuk pulang ..

selama perjalanan turun saya sempet keseleo alhamdulillah allah amsih memberikan saya kekuatan dan kemudahan berjalan.. jadi saya nggak ngerepotin orang lain.
langkah kaki saya begitu cepat supaya keril ini tidak saya bawa lagi hihihi
nggak nahan beratnya boooooooooo ini sich berat gara2 SB sama baju kotor doang

hmm. di tengah perjalan pulang, hujan turun halah... jadi lambat dech langkah kaki saya.. becek, basah ngak ada ojek kekekekekek cinta laura.mode on

padahal saya bawa jas ujan tapi nggak saya pake, habis nya terlanjut basah ya sudah dech basah-basahan .. heheeh nakal dech pilar

tepat pukul 16.00 sampe di POS I hiaaaaaaaaaa penderitaan berkurang dech..
ketemu para pendaki yang laennya juga. mereka lebih banyak dari Gunung gede
hehheeh kayaknya kita doang yang menuju Pangrango hahaha keren kan ...

Jalur bonus hehehehe... hore..hore... jalur bonus itu jalur yang datar jadinya enak
ngagk lagi-lagi harus naik dan naik .. ini datar jalannya... alias rata ..
hmm.. tinggal saya, om krisna dan mba nino di jalur itu.. keril saya di bawa oleh ahmad karena dia duluan yang harus sampe basecamp...

nah disini nih... hihihi aduhhh cemburu dech... waktu denger si mba nino keseleo
sehingga harus di urut dulu oleh om krisna aduh.. nggak kukuh dech..
untungnya saya nggak liat langsung cuma denger cerita dari mba nino doang ..
pantes aza... kok nich anak kagak muncul2 eh.. nggak taunya ada something tho
huuuuuuuuuuuuuuuuuuuu.... huuuuuuuuu bete..

kita sampe basecamp pukul 17.00 wah sore bangeet ya...
kekekekekekek saya baru aktifin HP lagi wah banyak sms booo dari mulai emak sampe no yang nggak di ketahui ..

emak minta oleh-oleh apa daya saya harus belikan dech.. padahal tas saya udh berat
di tambah harus berat dengan oleh-oleh. heheheh kayaknya cuma saya doang yang beli oleh-oleh :D aah saya kan anak yang baik hihihihi

hmm.. keril saya basah dan baju bersih juga basah alhasil saya pun beli kaos dan sweater baru dech.. hmm.. malangnya..jahat bangeet ya padahal sarung keril saya menciut kenapa nggak ada yg memberi tau .. payah dech ah :((

setelah ganti baju, packing ulang dan makan kita pulang menuju terminal baranangsiang
bogor.. hmm. nggak keburu naik kereta so, kita pulang sama2 naik bus menuju jakarta
melalui UKI. hiks..hiks.. pas di angkot menuju terminal baranangsiang ..aku nggak sengaja melihat kemesraan beliau dengan dia.. memegang tangan huaaaaaaaaaaaa jujur sumpah dech gw nangis... hati ini sakiiiiiiiiiiiittt bangeeeet...

ya udah dech.. gw berusaha tidur hiks padahal gw ngak tidur tapi, berusaha air mata ini ngagk jatuh... aaaaaiihh hebat kan gw menyimpan duka dalam hati ..
hebat paaan.. ekekekekkek hati ini terasa teriris belati tajam.
sampe saya kena pacet pun nggak begitu di pedulikan.. huuuuuuu kemesraan itu berlanjut sampe di bus menuju jakarta.

singkat waktu saya dan mba nino pulang .. saya sudah tiba di rumah pukul 22.30
dan tepat pada pukul 00.00 1 desember 2008 saya mengucapkan :
"hepi besdey.. smoga panjang umur dan sehat selalu"

setelah itu saya ngambek, kesel dan marah selama 3 hari.

cukup 3 hari .. hahaha semua ada di Multiply ya ..

huaaaaaaaaa capek ngetiknya.. heheheh... semua selesai,
udh dulu ya... poto2nya belakangan dech.

sapiduduk said...

wooooooooooooooooooooghhh..... *mulut monyong se-monyong2nya...*

mulai naek jam 9 pagi..??
gak panas bu?... :p

enak naek bis magrib, sampe kandang badak jam 2 ato 3,

jam 8 brangkat lagi ke pangrango jam 10an ato siang sampe...
bisa maen layangan ^^a....

agh saya jadi pingin naik lagi...

nak busway terus ke monas beli keraktelor <== ketara bgt gak mo cape naek gunung :p

Siti said...

Huaaaaaaaaaa.. panas sich panas man
tapi mao gmn lagi cobaaaa

kalau elu yg buat agenda wah, bisa marathon tuch hihihi

yuuukk naik aza ...naik buswey :D

hari Lazuardi said...

tuh kan kalaw lagi ngak capek bisa nulis, panjang lagi...sering2 dech ga capeknya :)